Sekilas Tentang Kami
Universitas Bina Bangsa (UNIBA) berdiri berdasarkan SK. Menristekdikti nomor 553/KPT/2017 tanggal 2 Oktober 2017 tentang izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Bangsa Banten yang telah berdiri sebelumnya yakni pada tanggal 16 Januari 2008 di kota Serang (berdasarkan SK. Mendiknas nomor 125/D/O/2006 jo SK. Mendiknas nomor 08/D/)2008). Universitas Bina Bangsa diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Banten Jaya serang.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan program studi ke-3 yang didirikan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bina Bangsa. Sebagaimana kebutuhan peningkatan mutu guru dan pendidikan di SD, maka pada tahun 2021 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mulai membuat pengusulan pembukaan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar ke Dirjen Dikti. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar mendapatkan Surat Keputusan Penyelenggaraan dengan No. 128/E/O/2021 pada tanggal 09 April 2021. Selanjutnya pada tahun 2022, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar mendapatkan akreditasi minimum SK.DIKTI dengan No. 1007/SK/BAN-PT/PB-PS/S/II/2022 dengan peringkat Baik.
Sejak dikelurakannya izin operasional program Studi PGSD pada tahun 2021, Program Studi PGSD menerapkan kurikulum yang mengacu pada Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui regulasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, pada Standar Proses Pembelajaran, khususnya pada pasal 15 dan 18. Kebijakan ini diberlakukan secara khusus bagi program studi Sarjana dan program studi Sarjana Terapan.
Prodi S1 PGSD dibekali keilmuan untuk menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan ke-SD-an secara umum dan konsep teoritis bagian khusus seperti 1) menguasai konsep teoretis pendidikan dasar meliputi IPS, IPA, Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, SBDP yang mendukung pembelajaran sekolah dasar serta untuk studi lanjut, 2) menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, karakteristik peserta didik SD dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar, dalam bidang pengetahuan dan keterampilan tersebut secara mendalam.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Melaksanakan Pembelajaran menggunakan pendekatan yang searah dengan usaha membangun manusia yang cerdas dan humanis bertujuan untuk mengembangkan kemampuan baik intelektual maupun kemampuan fisik, mengembangkan kepekaan hati nuraninya, serta mengembangkan kehendak untuk peduli mewujudkan hal-hal yang kiranya bernilai positif dan luhur dalam kehidupan dan akhirnya dapat diwujudkan dalam karya yang nyata.
Dari perjalanan tersebut menambah keyakinan kami untuk dapat Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang unggul dan menghasilkan lulusan yang inovatif, berkarakter, berjiwa Edu-Technopreneurs dan kompetitif secara global pada tahun 2032. Selain itu dukungan Tim Lembaga Penjaminan Mutu yang konsisten dalam melakukan perbaikan-perbaikan dalam mutu pengelolaan perguruan tinggi, khususnya kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.